Kamis, 25 Maret 2010

Asma Sahabatkuuu.. :D

Lagi bete karena harus gak masuk kuliah dan asma saya kambuh,, hmmm. nulis2 ajjaa dehh,,, jadi seperti inii.....


Penyakit asma berasal dari kata “asthma” yang diambil dari bahasa Yunani yang berarti “sukar bernapas.” Penyakit asma dikenal karena adanya gejala sesak napas, batuk dan mengi yang disebabkan oleh penyempitan saluran napas.Penyakit ini merupakan penyakit keturunan. Bila salah satu atau kedua orang tua, kakek atau nenek anak menderita penyakit asma maka bisa diturunkan ke anak.


salah satu sahabat saya yang ada sejak saya kecil.. kira-kira umur saya masih 2 tahun sampe detik ini,, ada dan selalu ditubuh saya walau dia datang hanya ketika saat tertentu, yaa itu lahhh Asma.. lebih tepatnya penyakit sesak nafas yg disebut asma.

Penyakit ini konon berasal dari kakak nya kakek saya, dan memang seperti itu, diturunkan tidak langsung dari orang tua melainkan dari kakek atau nenek kita.

Asma bisa membuat saya yang gak bisa diem alias pecicilan,, seketika berubah menjadi diam mematung,, dan dia bisa membuat saya hanya menjadi pendengar,, gak bisa lagi menjadi cerewet dengan volume suara bak 'orang Utan' saya hanya bisa diam membisu. hobi saya selain makan yaitu ketawa-pun gak bisa saya lakukan.

dirumah pun, saya yg hanya ber-3 ini, otomatis menjadi sepi,biasanya saya yang kalau malam tiba, suka teriak-teriak nyanyi bak diva dunia hahahaaaaa... klo udah kambuh gini, malem2 sepi, tinggal ibunda yang sibuk onlen,dan ayahanda yg nonton atau duduk diluar rumah saja, saya hanya di kamar sibuk mengatur nafas yang setengah-setengah.

dahulu kala, pernah parah bgt sampe di bawa kerumah sakit, tengah malam saya kambuh dan seingat saya hanya ada seorang satpam yg megang2 kepala saya sambil membaca ayat2 suci, selebihnya yang saya ingat, saya melihat 2 makhluk putih diatas kecil seperti casper yang sering saya tonton. (hiiiii apaann tuhhh...??!!!)

menurut cerita bunda sih sering saya mengalami kambuh yang sangat parah, sampe saya harus beberapa kali masuk rumah sakit dan mencoba berpuluh-puluh jenis obat dengan beragam warna dan tentu dengan 1 rasa yaitu, PAHIT. Sampai badan saya kurus kerontang,, heheheee itu kisah masa lalu, sekarang saya tumbuh menjadi gadis yang sehat bahkan sehat sekali dengan badan yang tubuh membesar hahahahhaaa, yang dulu gak suka makan sekarang malah berubah menjadi hobi.

Alhamdulillah,,
Asma yg dulu sering datang, perlahan mulai jarang, dan perlahan saya mulai bisa mengatasi penyakit turunan ini. walau sejak dulu memang tidak memakai inhaler (menurut bunda bisa menyebabkan ketergantungan) saya hanya cukup dengan mengatur nafas sekali-sekali. tanda2 klo saya mau kambuh pun saya sudah mengetahuinya, dimulai dari sakit tenggorokan, kemudian pilek, batuk lalu tidak lama nafas saya berbunyi ngik..ngikk... yupp.. itulah tanda "Si sahabat" saya datang. :P

bagi kamu yang tidak pernah merasakan asma, bayangkan saja jika dada kamu ditekan sehingga sulit untuk mengambil udara, ya seperti itulah rasanya, yang menyumbat pernafasan adalah dahak atau slam. Biasanya saya atau para penderita asma lainnya, harus pintar2 mengatur nafas, mengatur mengambil nafas yang enak,dan harus segera membuang slam agar tidak terus menghambat pernafasan, biasanya membuang slam itu dengan cara batuk dengan sekuat tenaga, dan rasanya amat sakit, itu terjadi di pagi hari sehabis bangun tidur, karena pada saat itulah, slam sedang terkumpul di tenggorokan kita. Saya bisa sampai nangis kalo udah sakit bgt karena slamnya belum juga keluar. sebenernya bisa dirangsang dengan obat pencahar dahak, namun batuk menggila juga tetap saja harus dilakukan.. (wahhhh.. tulisan apaa iniii...maap yee klo malah bahas dahak... hihihihiiiiikkkk )

saya baru menyadari penyakit ini amat menggangu, disaat saya sedang semangat kuliah,dengan tugas yang harus diselesaikan, saya harus mengikhlaskan 1 hari untuk istirahat dirumah, semoga besok saya udah bisa kembali ke kampus. (aaminn!!)

jaman sekolah dulu dimana pelajaran2 yang gak sesuai dengan minat saya, dengan senang hati, disaat asma datang, saya terlena dibuat nya bisa seminggu saya dirumah,, izin sakit dari sekolah,, sekarang saat kuliah dimana mata kuliah yang sesuai dengan kesukaan saya, serasa gak tega meninggalkan itu semua... hohohohooo *blaga rajin*


yaa ituulahhh... disaat kemarin dan hari ini saya sedang meratapi nasib, saya baru menyadari, penyakit ini amat menghambat saya, kalo cuma pilek dan batuk saja masih bisa dilawan tapi klo urusannya udah menyamngkut sesak nafas,, huhh!!! gak bisaa dehh buat jalan ajaaa,, apa lagi naek kretaa ato ngejar-ngejar kretaa...

kebayang dengan cita2 saya seorang wartawan,, bagaimana kalo asma tiba2 datang disaat sayang sedang bertugas, mengejar-ngejar narasumber,, bisa2 narasumbernya udah kabur duluan,,hohohoooo.. tapi saya ingat Almarhum Kakek saya tercinta slalu menyemangati untuk tetap bersemangat dengan cita2 saya, apapun kondisi saya,, walau seringkali beliau pun meledek saya.

huahhh!!!! tapiii beberapa hari menuju bertambah usia saya, saya makin menyadari sekuat-kuat nya orang,, pasti bisa rapuh juga, se ceria-ceria nya saya,, saya bisa murung jugaa, se heboh-hebohnya saya, saya bisa diem juga... yeahh!!!.. hanya karena sahabat saya, yang udah lama gak dateng yaitu ASMA...

harus selalu bersyukur, apapun yang sudah diberi Alloh, penyakit turunan apapun yang sudah dianugerahi untuk saya, saya harus selalu bersyukur...

Alhamdulillahirobbil 'alamin....



*iseng-iseng beteee harus dirumahhh*... uhuk..uhuuukk... ngiikk..ngiiikkkk..ngik...

Tidak ada komentar: